Ini Arti Stiker pada Buah-buahan Favorit Anda

HPK taruh disini
Buah-buahan yang dijual di supermarket, terutama buah-buahan impor seperti apel, peach, atau pir, biasanya ditempelkan stiker. Pernahkah Anda bertanya apa arti stiker yang menempel di buah tersebut?

Hal pertama yang perlu Anda ketahui, menurut Food and Drugs Administration (FDA), bahan lem pada stiker tersebut adalah bahan tambahan yang sifatnya food grade. Dengan kata lain, stiker yang menempel pada buah sebenarnya aman kalau sampai tertelan. Meski demikian, sebaiknya tetap dilepas, ya. Lalu apa arti kode angka yang tertera pada stiker?

Kode 4 digit berarti buah yang ditanam secara tradisional
Biasanya dimulai dengan angka 3 atau 4. Kode yang terdiri dari 4 digit ini menandakan bahwa buah yang Anda beli ditanam secara konvensional, yang kemungkinan menggunakan pestisida. Namun, dengan cara mencuci yang benar, residu pestisida dan bakteri bisa hilang hampir sepenuhnya, kok.

Buah ini ditanam tradisional dengan pestisida. (Sumber: kaltim.tribunnews)
Kode 5 digit dan dimulai dengan angka 8 berarti buah GMO
GMO, atau genetically modified organism, secara harfiah berarti buah hasil modifikasi genetis. Setidaknya 26 negara melarang atau punya aturan yang sangat ketat terkait bahan makanan segar hasil rekayasa genetis ini. Menurut American Academy of Emergency Medicine (AAEM), makanan GMO berisiko menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti infertilitas, masalah imunitas, gangguan insulin, dan lain-lain.

 stiker buah GMO
Seperti ini stiker buah GMO. (Sumber: organiclivingchic)
Kode 5 digit dan dimulai dengan angka 9 berarti buah yang ditanam secara organik dan bukan GMO
Buah organik jauh lebih mahal dari buah konvensional. Sebab buah-buahan, terutama yang berasal dari Amerika Serikat, harus benar-benar mengikuti persyaratan yang ditetapkan oleh USDA National Organic Program untuk bisa disebut sebagai ‘buah organik’. Bagaimana dengan buah organik lokal? Pemerintah Indonesia punya Rancangan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) tentang Syarat dan Tata Cara Penerapan Sistem Pertanian Organik, namun, seperti dikutip dari kompas.com, unit pertanian organik yang menyatakan produknya sebagai organik harus disertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Organik (LSO). Keharusan sertifikasi itu membutuhkan biaya yang malah membebani petani kecil organik, sedangkan peraturan Permentan itu hanya mengakui produk organik dan mencantumkan logo ‘Organik Indonesia’ jika telah mendapatkan sertifikasi tersebut. Hmm, susah juga, ya.

Kode buah organik
Ini buah organik. (Sumber: huffingtonpost)

Sudah tahu, kan, apa artinya dan harus pilih buah yang mana?
Foto cover: hlntv


0 Response to "Ini Arti Stiker pada Buah-buahan Favorit Anda"

Post a Comment

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==