Benarkah Minum Kopi Memengaruhi Kesuburan Wanita?

HPK taruh disini
Jika Anda dan pasangan sedang mencoba untuk hamil, Anda pasti sudah tahu bahwa ada banyak faktor gaya hidup yang memengaruhi kesuburan atau fertilitas, misalnya menjaga berat badan normal, mencegah stres, dan lain-lain. Bagaimana dengan asupan? Konon ada makanan (atau minuman) yang sering disebut terlarang bagi kualitas fertilitas.


We’re talking about caffeine, yang bersumber salah satunya dari kopi. Dr. Zaher Merhi dari New Hope Fertility Center, AS, mengatakan kepada PopSugar, “Konsumsi kafein dalam jumlah tinggi berkaitan dengan penurunan kesuburan pada wanita. Tetapi menurunnya kemungkinan untuk hamil hanya akan terjadi jika Anda minum kopi lima cangkir dalam sehari atau lebih. Minum kopi satu atau dua cangkir, tak masalah.”

Senada dengan pendapat Dr. Merhi, Mayo Clinic juga menyebutkan bahwa konsumsi kafein kurang dari 200 mg per hari tidak akan berefek buruk bagi fertilitas. Sekadar info, secangkir kopi hitam kira-kira mengandung 95 mg kafein. Dr. Merhi menambahkan, jika Anda termasuk orang yang tak bisa hidup tanpa bergelas-gelas kopi dalam sehari namun berencana hamil, kurangi frekuensinya setidaknya sebulan sebelum program hamil.

(Sumber: broccolify)
Happy trying!

Cover: dailyexpress

0 Response to "Benarkah Minum Kopi Memengaruhi Kesuburan Wanita?"

Post a Comment

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==