5 CARA POTONG BAWANG ANTI-NANGIS, MANA YANG PALING AMPUH?

HPK taruh disini
Pada saat memotong bawang, biasanya kita akan mengalami suatu reaksi pada bagian mata. Entah darimana asalnya, tiba-tiba mata terasa perih dan menangis dengan sendirinya. Ini terjadi karena bawang mengandung sulfur yang dapat menguap ketika kita mengirisnya, sehingga tak jarang orang enggan berurusan dengan bumbu dapur satu ini, terutama bawang merah dan bombai. Selain itu, bawang memiliki bau yang tajam dan sulit dihilangkan.

Cara potong bawang

Hal ini membuat banyaki sekali tips bermunculan di internet yang membahas cara mengurangi rasa pedih di mata saat memotong bawang. Nah berikut ini merupakan cara yang telah diujikan oleh beberapa jurnalis. Manakah yang paling ampuh?

 Kacamata renang

Cara ini merupakan cara yang paling ampun, namun sedikit lucu. Yap, menggunakan kacamata renang dapat menghindarkan mata dari efek pedih akibat memotong bawang. Namun tetap saja, sepertinya agak aneh ya? Memakai kacamata renang saat berada di dapur. :D

Kunyah permen karet

Selanjutnya adalah dengan cara mengunyah permen karet. Beberapa sumber telah mengatakan kalau cara ini ampuh untuk mengurangi rasa pedih ketika mengiris bawang, benarkah? Setelah diuji coba, ternyata cara ini tidak memiliki keberhasilan seperti menggunakan renang, tapi bisa mengurangi efek pedihnya dan mata pun tidak menjadi merah.

Membekukan bawang

Beberapa sumber mengatakan, membekukan bawang dapat mengurangi proses pelepasan enzim ke udara, yang artinya dapat memperlambat zat sulfur untuk menguap. Namun setelah dilakukan uji coba, cara ini tidak begitu efektif seperti kata teorinya.

Merendam bawang

Sulfur merupakan suatu zat yang dapat larut dengan air, oleh karena ini. Mencoba merendam bawang terlebih dahulu dikatakan dapat mengurangi rasa pedih ketika memotongnya. Namun, lagi-lagi cara ini tidak begitu efektif. Bahkan, mata masih saja memerah dan menangis.

Menyalakan lilin

Cara ini terbilang cukup unik, karena seperti sebuah mitos saja. Memotong bawang sambil menyalakan lilin dipercaya dapat mengurangi rasa pedihnya. Namun setelah diuji, cara ini sangat tidak efektif dan masih menyebabkan mata menangis dan perih hingga memerah.

Nah, dari kelima cara di atas, mana menurutmu yang paling efektif ? :D

SUMBER

0 Response to "5 CARA POTONG BAWANG ANTI-NANGIS, MANA YANG PALING AMPUH?"

Post a Comment

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==