10 Fungsi Lain Cuka Dapur Yang Patut Dicoba

HPK taruh disini
Cuka putih hanya digunakan untuk masakan? Berarti Anda belum menggunakannya dengan optimal. Ini 10 manfaat cuka untuk keperluan sehari-hari.

Menghilangkan bau bekas makanan dari wadah plastik
Tahu, kan, betapa tidak enaknya bau makanan yang masih menempel di wadah plastik meski telah dicuci bersih? Menggunakan kain bersih yang telah dibasahi cuka, lap wadah tersebut untuk menghilangkan bau.
Apalagi kalau sudah sering digunakan, baunya bercampur-campur (Sumber: snapdeal)
Membersihkan kulkas
Campur 1 bagian air dan 1 bagian cuka dan gunakan larutan tersebut untuk membersihkan kulkas.

Membuat cangkir kopi dan teh kinclong
Campur 1 bagian garam dan 1 bagian cuka dan gosok cangkir atau peralatan makan lainnya yang bernoda kekuningan atau kecokelatan.

Berlaku juga untuk piring (Sumber: diycleaningproducts)
Membuat pakaian, sweater, dan kaos kaki seperti baru lagi
Sweater atau kaos kaki lama sudah tampak butek padahal masih enak dipakai? Didihkan air di panci besar, tuangkan 1 cangkir cuka, masukkan pakaian yang butek tadi, lalu matikan api. Rendam semalaman dalam larutan itu, esok paginya, semuanya tampak bersih dan terang seperti baru.
Memutikan sweater
Nothing to lose anyways, right? (Sumber: uniqlo)

Menyamarkan noda goresan pada barang berbahan kulit dan membuatnya mengilap
Lap tas, sepatu, atau barang-barang berbahan kulit lainnya dengan kain bersih yang diberi suka agar kembali mengilap dan goresannya tersamarkan.
Noda seperti ini mengganggu (Sumber: bestmensbriefcases)
Meredakan gatal akibat digigit serangga
Usapkan area yang digigit dengan kapas yang direndam sedikit cuka untuk menghilangkan gatal dan mensterilkan area tersebut sehingga sembuh lebih cepat.


Sebaiknya jangan digaruk (Sumber: safebee)
 Mencuci buah dan sayuran lebih bersih
Tambahkan 1-2 sendok makan cuka pada semangkuk air untuk mencuci buah dan sayuran, bilas sesudahnya sampai bersih. Larutan ini menghilangkan sisa pestisida dan membuat buah yang rentan seperti strawberry tidak cepat berjamur.

Mencuci buah
Tak usah beli cairan khusus untuk cuci buah (Sumber: bodyrock)
Mengendurkan sekrup karatan
Jangan frustrasi kalau ada sekrup karatan yang tak bisa dibuka. Tuang saja cuka ke bagian yang karatan, maka sekrup akan mudah terlepas.

Membuka sekrup berkarat
Beri tahu tips ini kepada pasangan (Sumber: flickr)

Membuat telur rebus mulus dan mudah dikupas
Kadang-kadang saat merebus telur, kulitnya retak atau pecah sehingga ada sedikit bagian telur yang keluar. Untuk mencegah hal ini, berikan 2 sendok makan cuka pada air untuk merebus telur. Selain membuat kulit telur tetap utuh dan mulus, saat mengupasnya nanti pun lebih mudah.

Sungguh tak cantik untuk disajikan (Sumber: hollylarsonrd)

Membersihkan sisa kenakalan hewan peliharaan
Meski hewan peliharaan kita sudah dilatih untuk buang air kecil di litter box atau toilet, terkadang mereka suka lupa dan buang air di sofa. Setelah ‘kecelakaan’ itu terjadi, segera bersihkan dengan cara mengusapkan waslap atau kain yang telah dibubuhkan campuran ¼ cangkir cuka dengan 1 liter air. Terus lakukan hingga noda tampak menghilang. Cara ini akan mengenyahkan noda dan bau pipis tersebut.
This is why pet owners can’t have nice couch (Sumber: imgur)

Ada kegunaan lain yang belum disebutkan?

SUMBER

0 Response to "10 Fungsi Lain Cuka Dapur Yang Patut Dicoba"

Post a Comment

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==