9 Sayuran Merah yang Baik Bagi Kesehatan

HPK taruh disini
Sayuran hijau memang dikenal baik bagi kesehatan. Tahukah Anda, selain sayuran hijau, sayuran berwarna merah juga memiliki banyak manfaat? Menurut Mayo Clinic, sayuran merah seperti tomat dan paprika dapat membantu menurunkan risiko menderita diabetes, osteoporosis, dan kolesterol tinggi.
Buah tomat
Tomat
Kandungan fitonutriennya yang memberikan warna merah juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Bahkan, semakin gelap warna merah yang dihasilkan, semakin tinggi pula kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Berikut adalah beberapa sayuran merah yang dikenal baik bagi kesehatan.

Jenis-jenis sayuran merah yang bernutrisi tinggi
1. Bit
Menurut United States Department of Agriculture (USDA), bit merupakan salah satu sayur yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi. Selain itu, sayur ini juga merupakan sumber yang kaya akan kalium, serat, folat, vitamin C, dan nitrat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sayur ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah, dan meningkatkan ketahanan tubuh.

Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mencoba memanggang sayur bit dengan sedikit minyak dan menumisnya dengan sayuran hijau yang kaya akan vitamin A, C, dan K. Anda juga dapat membuat jus dari sayuran ini, namun para peneliti tidak menyarankan untuk meminum jus ini setiap hari karena dapat menyebabkan konsumsi yang berlebihan. Cobalah memakan sayur ini beberapa kali dalam seminggu dan mencampur jus bit dengan buah atau sayuran lain untuk menghindari konsumsi yang berlebih.

2. Kubis merah
Kubis ini biasanya lebih sering ditemukan dalam warna ungu dibanding merah. Warna gelapnya berasal dari anthocyanin, sebuah antioksidan kuat yang dapat menurunkan risiko gangguan otak, kanker, dan penyakit kardiovaskular.

Kubis merah kaya akan vitamin dan mineral. Segelas sayuran ini dapat memenuhi 85% dari kebutuhan vitamin C harian Anda, 42% kebutuhan vitamin K, dan 20% kebutuhan vitamin A. Selain itu, sayur ini juga merupakan sumber yang kaya akan serat, vitamin B6, kalium, dan manggan.

Untuk mendapatkan nutrisi yang optimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran ini dalam keadaan mentah. Jika ingin memasaknya, pastikan Anda merebusnya dengan sesedikit mungkin air, dan dalam waktu yang sesingkat mungkin untuk mempertahankan kandungan anthocyanin, glucosinolate, dan zat lainnya. Kubis yang difermentasikan juga baik bagi kesehatan karena mengandung bakteri yang baik bagi tubuh.

3. Tomat
Sayuran ini tentu sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Tomat merupakan sumber yang kaya akan lycopene—sebuah zat karoten, vitamin C, dan kalium. Menurut National Institute of Health, sekitar 85% lycopene dalam makanan Anda berasl dari tomat.

Anda dapat mengolah tomat dengan berbagai cara. Namun memasak tomat dengan sedikit minyak merupakan cara terbaik untuk membuat tubuh mudah menyerap lycopene yang terkandung di dalamnya.

4. Paprika merah
Paprika merah mengandung kebutuhan harian dari vitamin A yang Anda perlukan, tiga kali kebutuhan vitamin C Anda, dan mengandung 30 kalori. Sayur ini merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan membuat kulit lebih bercahaya. Kandungan vitamin C yang tinggi, membuat paprika merah bermanfaat untuk melindungi tubuh dari infeksi. Anda dapat mengonsumsinya dalam keadaan mentah atau matang untuk mendapatan kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti vitamin B6, vitamin E, dan folat.

5. Lobak merah
Tumbuhan yang masih tergolong dalam keluarga lobak ini memiliki rasa yang sedikit pedas. Lobak atau radish merah mengandung banyak vitamin C, folat, dan kalium. Kandungan nutrisi yang tinggi dan kandungan kalorinya yang rendah menjadikan radish merah cocok untuk dijadikan makanan ringan. Tidak seperti biskuit, kandungan serat yang tinggi dapat membuat Anda cepat merasa kenyang.

6. Cabai merah
Satu ons cabai merah dapat mengandung 2/3 dari kebutuhan harian Anda akan vitamin C, magnesium, tembaga, dan vitamin A. Selain itu, kandungan capsaicin pada cabai merah dapat membantu mengurangi nyeri. Para peneliti juga sedang menganalisis capsaicin dalam perannya sebagai senyawa anti-kanker.

7. Selada merah
Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, kandungan nutrisi pada selada merah dapat membantu melindungi Anda dari kanker dan menghambat penuaan. Bagian daunnya yang berwarna merah dan gelap secara umum mengandung lebih banyak nutrisi seperti antioksidan dan vitamin B6 daripada bagian yang berwarna hijau cerah. Selain itu, sayuran ini juga banyak mengandung vitamin A dan vitamin K. Daun selada merah mengandung 95% air, oleh karena itu, daun ini dapat menjaga Anda agar tetap terhidrasi dengan baik.

8. Bawang merah
Tumbuhan yang kerap menjadi bumbu masak ini mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan bagi tubuh. Kandungan senyawa-senyawa organosulfurnya dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh, menurunkan produksi kolesterol, dan menjaga fungsi hati. Selain itu, kandungan allyl sulfide dalam bawang merah juga dapat berperan melawan kanker dan penyakit jantung. Kandungan serat dalam bawang merah juga dapat memberikan efek yang menyehatkan bagi usus.

9. Kentang merah
Academy of Nutrition dan Dietetics menganjurkan untuk memakan kentang, sayuran hijau, dan tomat untuk meningkatkan asupan kalium dan menjaga keseimbangan tekanan darah Anda. Selain itu, kentang merah memiliki nilai tambah, tumbuhan ini juga kayak akan kalium, vitamin C, thiamin, dan vitamin B6. Kulit kentang merah juga kaya akan serat dan vitamin, oleh karena itu, sangatlah baik jika Anda dapat mengonsumsi kulitnya.

SUMBER

0 Response to "9 Sayuran Merah yang Baik Bagi Kesehatan"

Post a Comment

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==