4 Gangguan yang Terjadi Akibat Sering Mengucek Mata

HPK taruh disini

Apakah Anda merasa lelah belakangan ini? Jika iya, coba ingat-ingat kembali sudah berapa kali Anda mengucek mata? Merasa lelah dan capek memang membuat kita ingin mengucek mata. Atau, bisa diakibatkan oleh mata yang terasa gatal, atau merasa ada sesuatu yang masuk ke mata.

Kenapa orang mengucek mata?

Mengucek mata sebenarnyaadalah  hal yang biasa dilakukan ketika Anda bangun tidur atau merasa mengantuk. Kebiasaan ini mungkin membuat Anda kembali nyaman dan menghilangkan rasa gatal pada mata. Tapi tahukah Anda bahwa mengucek mata ternyata dapat menimbulkan masalah kesehatan yang buruk bagi mata?

Sebenarnya mengucek mata adalah cara untuk merangsang air mata keluar dan kemudian melumasi mata yang kering. Hal ini tentu saja akan membantu mata untuk mengilangkan debu serta zat yang mengiritasi lainnya yang mungkin masuk ke mata. Tidak hanya itu, air mata yang keluar dianggap bisa mengurangi rasa stress yang sedang dialami. Stres bisa berkurang akibat ketika Anda menekan area mata Anda, maka akan merangsang saraf vagus – saraf yang ada di sekitar mata – untuk memperlambat denyut jantung dan membantu Anda kembali rileks.

Apa dampaknya jika kita sering mengucek mata?

1. Infeksi mata
Salah satu alasan kenapa mengucek mata adalah kegiatan yang kurang baik adalah karena tangan yang Anda gunakan untuk mengucek, mungkin saja dipenuhi dengan bakteri dan parasit yang bisa menyebabkan mata infeksi.

Mata dilindungi dengan membran berlendir, yang berfungsi untuk menjaga kelembaban mata setiap saat dan tempat yang sangat disukai bakteri serta parasit sebagai tempat tinggalnya. Ketika Anda melakukan berbagai kegiatan, seperti memegang barang, berkontak dengan hewan atau orang lain, dan kemudian tidak mencuci tangan, bayangkan apa yang terjadi jika tangan yang tidak dicuci itu lalu digunakan untuk mengucek mata.

2. Kantung mata hitam
Banyak yang beranggapan bahwa kantung mata yang hitam disebabkan oleh kelelahan dan kurang tidur. Tetapi sebenarnya tidak hanya itu yang bisa menyebabkan Anda memiliki kantung mata besar dan hitam. Kebiasaan mengucek mata juga dapat mengakibatkan kantung mata menjadi semakin hitam. Oleh karena itu, mulai sekarang hindari kebiasaan mengucek mata agar kantung mata tidak bertambah besar dan hitam.

3. Glaukoma
Glaukoma adalah penyakit pada mata yang diakibatkan oleh rusaknya saraf mata, dan akan bertambah parah jika tidak segera ditangani. Kerusakan saraf mata ini terjadi karena adanya peningkatan tekanan pada mata, yang bisa juga disebabkan oleh kebiasaan mengucek mata yang terlalu keras dan sering.

Kebanyakan orang yang menderita glaukoma pada awalnya tidak merasakan gejala atau tanda apapun. Sehingga, sering kali penderita datang dengan tingkat keparahan glaukoma yang cukup tinggi dan mengakibatkan ia kehilangan kemampuan penglihatannya, atau bahkan buta.

4. Kornea mata berubah bentuk
Keratoconus adalah gangguan yang terjadi pada kornea mata yang berubah bentuk. Normalnya, kornea berbentuk seperti kubah dan kadang-kadang berubah menjadi seperti bentuk bola. Namun pada penderita keratoconus, sel-sel kornea rusak kemudian tidak bisa menahan bentuknya dan berubah seperti bentuk kerucut karena kornea menonjol ke luar. Kondisi ini membuat penderitanya susah untuk melihat jika tidak menggunakan lensa atau kacamata. Keratoconus bisa diakibatkan karena kebiasaan mengucek mata yang sering.

Kalau tak boleh mengucek, apa yang harus dilakukan kalau mata gatal?

Sebenarnya, mengucek mata tidak dianjurkan untuk dilakukan. Bahkan mengucek mata karena gatal akibat iritasi mata yang sedang dialami, malah akan menambah iritasi menjadi lebih buruk. Mata Anda akan semakin gatal, merah, dan sakit.

Oleh karena itu, lebih baik jika mata Anda terasa gatal, lakukan beberapa hal berikut ini yang lebih aman:

  • Jika mata terasa gatal, maka jangan menguceknya tapi pakailah obat tetes mata.
  • Jika Anda mengucek mata karena stress, maka yang harus diatasi adalah rasa stress Anda. Alihkan perhatian Anda dengan melakukan berbagai hal yang menyenangkan dan membuat diri nyaman.
  • Anda bisa menggunakan tisu basah atau handuk basah untuk mengusap daerah mata Anda jika mata terasa gatal.

0 Response to "4 Gangguan yang Terjadi Akibat Sering Mengucek Mata"

Post a Comment

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==