Salah Kaprah, Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Ternyata Tidak Menyehatkan

HPK taruh disini
jalan kerikil sehat

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang sengaja berjalan tanpa alas kaki di atas kerikil atau di taman-taman yang memang sudah memiliki jalur kerikil ini karena berpikir jika melakukannya akan memberikan efek pijatan yang bisa menyehatkan tubuh. Apakah memang dengan melakukannya kita bisa semakin sehat?

Mereka yang kerap melakukannya berkata bahwa dengan menginjak kerikil saat berjalan tanpa alas kaki, maka kita akan memberikan tekanan pada titik-titik meridian akupuntur pada bagian bawah kaki yang bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, hal ini justru bisa memberikan dampak sebaliknya bagi kesehatan tubuh. Terlepas dari rangsangan pada titik meridian akupuntur, menginjak kerikil tanpa alas kaki ternyata bisa memberikan trauma mekanik bagi telapak kaki, khususnya pada saraf, otot, dan juga urat. Bahkan, hal ini juga bisa memberikan trauma beban pada persendian, tumit, lutut, pinggang, serta punggung.

Bagi mereka yang sudah terkena masalah radang sendi atau mengalami masalah di kaki, pinggang, atau punggung, berjalan tanpa alas kaki di atas kerikil justru akan membuat masalah kesehatan tersebut menjadi lebih parah.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bahkan saat kita berada di dalam rumah dimana lantai terlihat lebih bersih dan aman, ada baiknya kita tetap memakai alas kaki dengan sol yang empuk mengingat melakukannya juga bisa memberikan benturan, gesekan, atau bahkan tumbukan yang memicu trauma pada persendian, khususnya persendian lutut, apalagi jika kita berjalan di permukaan lantai yang tidak rata dan bisa menyakitkan seperti di atas kerikil.

Melihat adanya resiko membuat masalah nyeri sendi dan radang sendi menjadi semakin parah, ada baiknya memang kita tidak lagi melakukan kebiasaan berjalan tanpa alas kaki di atas kerikil ini.

Source Link

0 Response to "Salah Kaprah, Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Ternyata Tidak Menyehatkan"

Post a Comment

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==